Cara Membuat Bonsai Rukem (Flacourtia indica)

Bonsai Rukem, Rukam adalah sebutan lain dari pohon penghasil buah yang diduga merupakan tumbuhan asli Indonesia. Dalam bahasa latin disebut juga seagai Flacourtia Rukam Atau Flacourtia Indica ini mulai langka di Indonesia. Buah Rukam sebelum dimakan atau dinikmati harus dipijit-pijit dulu untuk menghilangkan rasa sepat dalam rasanya. Sebelum kita membahas cara membuat bonsai rukem terlebih dahulu kami jelaskan gambaran singkat tanaman rukem.

Gambar Bonsai Rukem Terbaik


Nama Lain Pohon Bonsai Rukem

Di Indonesia disebut juga sering disebut sebagai Rukem, Ganda Rukem, Gerendang (Jawa), klang tatah kutang (Kalimantan). Bahasa Inggris Menyebutkan buah Rukam atau Rukem ini Indian Prune. Dalam negara lain: Rukam (Filipina) Ta Khop Thai (Thailand), Rukam Manis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), Jawa Rukamu (Jepang). Sedangkan dalam basa latin tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtia rukam atau juga Flacourtia Euphlebia.

Habitat Tanaman Rukem

Flacourtia rukam terdapat dan tersebar di daerah Asia Tenggara dan juga India, Tanaman ini tumbuh di daerah tropis basah Hingga pada ketinggian 1500 m dpl. Namun di alam liar ditemukan dapat tumbuh pada ketinggian 2100 m dpl, Habitat alaminya biasanya terdapat di kawasan hutan primer atau sekunder. Adaptasi populasi Rukem sangat baik terhadap kondisi cuaca suhu dan tanaah.

Ciri Bakalan Bonsai Rukem

  1. Batang Rukem - Tinggi pohon Rukam atau Rukem mencapai 20 m dengan batang dan cabang-cabang biasanya berlekuk (bengkok-bengkok) dan beralur. Pada batang Rukam terdapat duri-duri yang panjangnya bisa mencapai 10 cm.
  2. Daun Tanaman Rukem - berbentuk bundar telur lonjong atau lonjong melanset dengan panjang antara 10 – 18 cm dan lebar antara 4 – 9 cm. Pinggiran daun bergerigi kasar. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau tua mengkilat. Saat masih muda daun pohon Rukan berwarna merah kecoklatan.
  3. Bunga Rukem (Flacourtia Indica) - berbentuk tandan dengan sedikit bunga, berukuran pendek, berada di ketiak daun, berbulu halus; gagang bunga panjangnya 3-4 mm. Bunga Rukam atau Rukem berwarna kuning kehijau-hijauan, umumnya berkelamin tunggal.
  4. Buah Rukem - bertipe buah buni yang bentuknya bulat, bulat gepeng sampai bulat telur sungsang dengan diameter 2-2,5 cm. Buah berwarna hijau muda sampai merah jambu atau hijau-lembayung sampai merah tua. Buah Rukem memiliki daging buah berwarna keputih-putihan. Pada ujung buah masih ada bekas tangkai putik kecil-kecil sebanyak 4-8, mirip paruh, dalam bentuk lingkaran. Buah Rukem berbiji pipih, sebanyak 4-7 butir. Buah langka ini banyak mengandung air yang asam rasanya.

Cara Membuat Bonsai Rukem

Apakah anda tahu bagaimana keberadaan bonsai rukem sekarang dialam dan di lingkungan perumahan sekarang? Betul sekali apa yang anda pikirkan dan perkirakan mungkin sama dengan apa yang kami bayangkan! Pohon rukem saat ini sudah mulai langka bahkan bakalan bonsai rukem  sudah jarang ditemukan oleh para pendongkel bahan bonsai. Dengan keadaan ini harga jual bonsai rukem pun memiliki nilai yang cukup mahal, dengan asumsi ini kita sebisa mungkin kita lestarikan dan budidayakan tumbuhan rukam semaksimalmungin.

Photo Bonsai Rukem Cantik


Ukuran Pembuatan Bonsai Rukem 

Sebelum kita membuat bonsai rukam terlebih dahulu kita tentukan ukuran yang akan dicapai, hal ini bertujuan seolah-olah kita serius melakukan perencanaan pementukan bonsai rukam. Dengan menentukan ukuran terlebih dahulu kita akan lebih mudah mencari kriteria bahan yang akan dibuat bonsai rukem, Yaitu:
  1. Bonsai Rukem Besar (Large)
  2. Bonsai Rukem Sedang (Medium)
  3. Bonsai Rukem Kecil (Small)
  4. Elemen Taman

Cara Memilih Bakalan Bonsai Rukem

Bakalan bonsai rukem dapat didapatkan menggunakan dua cara yaitu dengan menemukan di alam liar dengan memilih bentuk dan ukuran sesuai selera, biasanya bahan bonsai rukem dari alam memiliki diameter batang yang cukup besar. Sedangkan penanaman dari bibit akan mengkasilkan bonsairukem yang elegan dan sempurna tetapi memakan waktu yang cukup lama, tetapi semua itu tergantung cara memuatnya.

Cara Menanam bonsai Rukem

Proses penanaman bonsai dilakukan melalui beberapa tahap disesuaikan dengan bentuk dan ukuran bonsai, tetapi hal yang harus diperhatika adalah apakah pohon yang akan ditanam atau dipindah kedalam pot memiliki kesegaran yang cukup untuk hidup setelah dipindahkan ke media tanam yang baru. Pemangkasan Akar dan cabang diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang baru ditempat yang baru.

Pengawatan Bonsai Rukem

Pengawatan bonsai rukem harus dilakukan ketika ukuran cabang dan batang sudah cukup kuat dan tidak terlalu besar, hal ini dilakukan agar batang awal tumbuh tidak mengalami kerusakan pada saatmementuk cabang utama. Ingat Cabang utama dalam pementukan harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Selanjutnya pengawatan untuk membentuk cabang dan ranting hingga proses pembentukan mahkotadaun terlihat, catatan: sebelum mengawat usahakan gambar dan rencakan bentuk dasar sesuai ukuran Akar dan batang pokok. Semoga erhasil.

Bonsai Rukem Juara

Untuk mendapatkan bonsai juara memang sacara resmi didapatkan dengan mengikuti lomba atau pameran bonsai dan mendapat juara. Pada hakikatnya seseorang yang berhasil membuat bonsai dengan tanganya sendiri dan merawatnya sesuai dengan aturan adalah juaranya, karena letak kepuasan itulah yang akan menjadikan diri kita seolah-olah itu yang terbaik diantara semuanya.

Perawatan Bonsai Rukem 

Cara merawat bonsai rukem dilakukan melalui banyak sekali proses yang harus diperhatikan adalah, Penyiraman secara rutin pohon rukem, Pengawatan, Pemilihan cabang, Pruning daun dan ranting liar, dan pemupukan. Hampir sperti yang lain proses pengerdilan dan melebatkan mahkota padadaun akan memberikan kesan bonsai rukem menjadi indah.

Rukemmenjadi pilihan bonsai terbaik arena memiliki kriteria pohon yang cocok untuk dijadikan bonsai dan termasuk sebagai bonsai yang banyak dicari para pemain bonsai, selain tanaman ini masih banyak lagi tanaman lainya yang dapat dijadikan bonsai seperti, Bonsai Mustam, BonsaiLobi-lobi, kawista, duwet, buni dan lain-lain. Semoga dengan ini kita lebih merasa peduli dengan potensi flora disekitar kita. Salam santun Marcas Flower.


Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya