Cara Menanam Biji dewandaru dengan mudah dan gampang


Tanaman Dewandaru - Memiliki nama ilmiah (Eugenia uniflora) adalah tumbuhan pohon perdu dengan rata-rata tinggi pohon mencapai ukuran panjang 5 meter dan mampu hidup selama bertahun-tahun. Batang Tanaman Dewandaru berdiri tegak dengan batang yang bercabang banyak, berbentuk bulat memanjang dan memiliki kulit kayu berwarna coklat kekuning kuningan. Sedangkan Daun Pohon Dewandaru  tergolong jenis daun tunggal, terlihat berwarna hijau dan memiliki lonjong yang berujung dan berpangkal meruncing. Daunnya memiliki lebar sekitar 2-5 cm yang sisi tepinya halus rata dengan tulang daun yang menyirip. tanaman ini disertai bunga jenis tunggal yang daun pelindungnya berukuran kecil dengan warna hijau, Buahnya kecil membentuk bola (bulat) berwarna merah menyala laksana batu akik merah delima sedangkan Biji dewandaru berukuran kecil, agak keras dan berwarna coklat.
Misteri Atas Mitos Pohon Dewandaru
Tanaman Dewandaru, Tanaman Pohon Dewandaru atau dewa-daru atau dewa ada sebagian orang yang menyebutnya sianto adalah sebuah pohon yang dianggap keramat dan memiliki kekuatan magis yang hidup di sebuah pulau yaitu pulau karimun, jepara, provinsi jawa tengah dan dianggap sebagai buahnya para dewa. Pohon dewandaru ini mitosnya berasal dari tongkat sunan nyamplungan, yang kemudian ditancapkan di daratan pulau karimun dan akhirnya tumbuh menjadi sebatang pohon yang sampai sekarang diberi nama Dewandaru. Sunan nyamplungan merupakan putra dari Kanjeng Sunan Muria yang merupakan salah satu wali Allah, Sunan Nyamplungan kemudian belajar ilmu agama dengan berguru kepada sunan Kudus, selanjutnya sunan nyamplungan di perintahkan untuk berdakwah mengajarkan ajaran Islam dipulau karimun tersebut. Sunan Nyamplungan dibekali sebuah tongkat kayu, tongkat itu ditancapkan disebuah wilayah yang menjadi tempat pemakaman sunan nyamplungan disana.

Mitos yang berlaku sampai sekarang adalah setiap orang yang pergi kepulau karimun tidak diperbolehkan membawa kayu dewa ndaru kelur dari pulau tersebut. Dan dipercaya apabila kayu tersebut dibawa keluar maka akan mendatangkan musibah bagi mereka. Tetapi kita kembalikan lagi semuanya kepada Allah semua Musibah datang dan pergi atas izin dan kehendak Allah jadi yakin aja  Semuanya sama Allah. 

Cara Menanam Biji Dewandaru Dengan Mudah Terbaru
Tanaman yang satu ini terkadang memiliki tingkat hidup yang relatif gampang-gampang susah. Pada kenyataanya banyak orang yang menanam dan membudidayakan pohon ini berhasil dan banyak juga yang mengalami kegagalan. Jadi kesimpulanya tergantung kecocokan dan daya tarik yang searah sesuai tujuan menanam pohon dewandaru ini. Pembudidayaan tumbuhan dewa ndaru bisa dilakukan melalui penyemaian bibit, pencangkokan, atau melalui stek batang. 

Indukan Tanaman Dewandaru
Cara Menanam Biji Dewa Ndaru
Cara menanam biji dewandaru dengan mudah dapat dilakukan dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu dan yang harus dipersiapkan adalah: Biji Dewandaru yang sudah tua, Tanah dan pupuk kandang, Polybag, Perangsang Akar dan Doa dengan ikhlas dengan tujuan yang baik. Hehehe

Setelah semua alat dan bahan sudah siap lakukan proses penanaman atau penyemaian biji Dewandaru atau sianto ini. Silahkan baca dan bisa anda praktekan dirumah:

Penyiapan Biji
Penyiapan Biji Dewandaru dapat dilakukan dengan melakukan:
  1. Kupas Biji Dewanndaru dengan cara meremas-remasnya didalam wadah yang berisi air hingga biji bersih tanpa ada daging buah yang menempel dipermukaan biji dewa-daru.
  2. Setelah biji dibersihkan tiriskan selanjutnya jemur biji sianto hingga permukaan kulit biji kering. hal ini dilakukan agar daya tumbuh biji lebih cepat dan maksimal selain itu juga penjemuran membuat biji dapat bertahan apabila disimpan dalam waktu yang relatif lama.
  3. Setelah dilakukan penjemuran rendam Biji dewandaru kedalam wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan perangsang akar dalam dosis yang sesuai aturan pakai dikemasan obat perangsang akar tersebut Perendaman dapat dilakukan1-3 hari hingga terlihat bagian biji megalami pertumbuhan atau mengembang.
  4. stelah proses perendaman selesai lakukan sortir terhadap biji yang tidak berkembang atau mengalami pembusukan setelah itu biji dewandaru sudah siap ditanam.

Tempat Dan Media Tanam
Penyiapan Tempat dan Media Tanam biji Dewandaru dilakukan setelah biji sudah siap penyiapan media bisa dilakukan lebih awal apabila jumlah biji yang akan disemai memiliki kuantitas yang cukup banyak. Dalam menyiapkan media tanam bisa dilakukan hal sebagai berikut:
  1. Campurkan Tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1 yaitu 3 untuk ukuran tanah dan 1 untuk ukuran pupuk kandang dan campurkan dengan mengaduknya hingga merata. Usahakan pupuk kandang menggunakan kotoran kambing karena  kwalitas kotoran kambing lebih unggul dibanding kotoran sapi.
  2. sebelum memasukan media tanah siapkan Polybag yang sudah dilakukan pengguntingan atau pelubangan bagian bawah polybag. Hal ini bertujuan untuk membuat tanah dalam polybag memiliki suhu dan kelembaban normal dengan tujuan agar sirkulasi air dan udara dalam tanah tidak terganggu dan teratur. 
  3. Setelah Media tanah dan Polybagnya siap masukan media tanah kedalam polybag hingga penuh jangan lupa dilakukan penekanan menggunakan ibu jari atau jempol. Hal yang harus diperhatikan kepadatan tanah memiliki ukuran sedang artinya tidak terlalu padat atau tidak terlalu gembur gembur.
  4. Lakukan penyiraman pada media tanah.
Proses Penanaman
Penanaman Biji Dewandaru dilakukan setelah biji dan Media tanam sudah disiapkan seperti proses diatas. selanjutnya bisa dilakukan penanaman sebagai berikut:
  1. Lubangi permukaan media tanah didalam dipolybag dengan kedalaman kurang lebih 2-3cm.
  2. Masukan biji dewandaru yang telah siap kemudian tutup kembali dengan ditimbun oleh media tanah. 
  3. setelah semua biji sudah tertanam didalam polybag lakukan penyiraman menggunakan siraman gerimis hujan. 
  4. letakan biji di temapat yang teduh atau dibawah jaring paranet. 
  5. Sirami setiap hari hingga tumbuh setelah biji tumbuh dengan akar yang lengkap dan kuat maka bibit dewandaru sudah bisa dipindahkan ke media tanah langsung atau polibag yang lebih besar.    
Bonsai Dewandaru Yang berharga
Tanaman Bonsai jenis ini memiliki penikmat dan penggemar yang lumayan banyak dikarenan dipercaya membawa keberuntungan tanaman ini memeiliki energi yang besar menurut kalangan yang percaya terhadap mitos bunga dewandaru ini. Bonsai dewa ndaru dibandrol haraga yang tinggi untuk bonsai yang sudah jadi dengan bentuk yang indah dan unik. Jadi mari kita mulai peduli dan memanfaatkan pohon dewa ndaru dalam seni bonsai.

Selain informasi diatas Kayu pohon dewandaru dapat dibentuk menjadi pipa rokok, Tasbih dan bentuk kerajinan lainya. Pecinta dan penikmat kayu ini banyak melakukan pencarian dan pengoleksian beberapa hasil dari jenis tanaman dewandaru ini. Berdasarkan dasar diatas mari kita lestarikan  dengan memperbanyak tanaman dan menyebarkan informasi tentang manfaat dan keunggulan pohon dewandaru ini. semoga bermanfaat tak lupa kami ucapkan terima kasih atas kunjungan anda. salam Sahabat MarcasFlower.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya