Kisah Membuat kesan Tua Pada Bonsai - Dari Florida

Berapa umur bonsai ini? Ini adalah pertanyaan pertama yang kebanyakan orang tanyakan ketika mereka melihat bonsai. Bahkan untuk usia pengamat biasa sangat penting dalam dunia bonsai. Di seluruh negeri dan di seluruh dunia ada pohon bonsai yang dipajang yang berusia 100 tahun. Masalahnya adalah pohon-pohon ini sangat mahal dan banyak yang tidak bisa dicapai. Nilai sebuah pohon jarang ditentukan oleh usia sebenarnya, tetapi oleh kesan usia. Ini mengarah pada pertanyaan:


"Bagaimana saya bisa membuat bonsai saya tampak lebih tua daripada itu?" 

Pertanyaan yang bahkan lebih menarik adalah: "Bagaimana saya bisa membuat bonsai tampak tua dalam hidup saya?"

Untuk memberikan jawaban parsial atas pertanyaan-pertanyaan ini, perkenankan saya menceritakan kisah tentang bonsai yang saya alami hanya lima tahun di West Palm Beach, Florida. Bonsai berusia lima tahun ini bisa dengan mudah bingung dengan pohon berusia 30 tahun. Metode favorit saya untuk menunjukkan umur adalah menggunakan teknik lapisan udara untuk memulai bonsai Anda. Metode ini memerlukan mencari cabang yang tebalnya dua atau tiga inci pada pohon atau semak yang memiliki banyak cabang kecil berbentuk menarik dengan jaringan ranting kecil. Hampir semua pohon akan merespon teknik ini. Ketika Anda melihat bagian kecil dari pohon ini, bayangkan betapa hebatnya yang akan terlihat seperti bonsai jika hanya memiliki akar. Layering udara adalah teknik bonsai yang akan memperkenalkan akar tepat di mana Anda membutuhkannya. Metode ini seperti memotong tanpa memutus cabang sampai akarnya tumbuh. Dalam kisah ini saya memilih pohon mimosa di halaman tetangga saya (dengan izinnya) pada bulan April untuk memulai proses mengembangkan bonsai yang tampak tua.

Baca juga:
5 Jenis Pohon Bonsai Yang Banyak Diminati

Titik di cabang yang saya pilih untuk memperkenalkan akar adalah 8 inci di bawah "y" di cabang. 8 inci berikutnya di atas "y" memiliki cabang di setiap sisi dan satu di belakang. Saya harus memvisualisasikan 8 inci atas seperti yang akan mengisi dari waktu ke waktu. Layering udara adalah proses yang sangat sederhana. Pada titik yang saya pilih di cabang saya membuat dua pemotongan paralel di sekitar cabang sekitar satu inci terpisah. Lalu saya membuat potongan tegak lurus dan mengangkat lapisan luar kulit kayu. Saya memeriksa untuk memastikan bahwa semua jejak kambium telah dihilangkan. Memastikan bahwa saya memiliki sarung tangan karet, saya mengambil segenggam sphagnum moss yang dicelupkan ke dalam ember air, menempatkannya di dalam aluminium foil dan membungkusnya di sekitar cabang, mencubit kedua ujungnya.

Sekitar dua bulan kemudian saya perhatikan bahwa sebuah akar akarnya yang bagus terbentuk. Saya kemudian mengambil gergaji dan memotong cabang sedekat mungkin dengan akar bola. Setelah membuka gulungan foil dan tanpa mengganggu akar, saya menempatkan cabang yang terputus dengan akar-akarnya di pot pembibitan besar. Saya kemudian memendekkan masing-masing cabang sesuai dengan panjang yang saya inginkan. Saya memasukkan beberapa waktu rilis pupuk di tanah pembibitan dan menambahkan pupuk cair setiap tiga minggu. Selama enam bulan berikutnya saya membiarkan bonsai baru saya tumbuh tanpa melakukan apa-apa. Selama waktu itu, pohon ini membentuk akar yang lebih kuat dan ranting tambahan. Saya kemudian mulai dengan membentuk bagian atas dari bonsai. Karena ini adalah mimosa, ia mengeluarkan banyak tunas empat inci dengan daun pada mereka. Seiring berjalannya waktu tugas menjadi pemangkasan, pemasangan kabel, dan pelatihan setiap cabang dan ranting pohon bonsai dan pada akhir tahun pertama saya mulai melihat beberapa hasil. Saya melanjutkan pembentukan dan eliminasi cabang dan ranting dua mingguan, dan pada musim gugur saya mulai melihat beberapa karakteristik yang membuat bonsai mimosa saya sangat unik.

Pada musim semi kanopi mulai terbentuk yang benar-benar beraksen batang dan ranting. Setelah pohon tahun pertama hanya menyala dengan dua inci kuning-putih puff. Proses pembungaan ini terjadi beberapa kali selama musim semi dan musim panas. Untuk membuat trunk terlihat lebih tua, aku menghamburkan kulit kayu pada batang pohon. Sepanjang musim panas saya terus merawat bonsai. Saya menyiraminya setiap hari dan terus memberi makan setiap tiga minggu. Saya perhatikan bahwa batang pohon mulai mengarah ke garis akar yang merupakan indikasi usia di pohon. Cara saya mencapai penampilan usia adalah dengan memangkas dan memasang cabang-cabang ke sudut tajam dan beralih ke belakang. Ada beberapa trial and error tetapi dalam waktu singkat saya bisa mendapatkan beberapa kemiringan dramatis di cabang-cabang yang mensimulasikan usia. Apa yang benar-benar membuat pohon terlihat tua adalah ketika Anda dapat menunjukkannya dalam pertarungan dengan alam. Saya mengambil keuntungan dari ranting yang patah dan membuat jin juga membentuk dahan-dahan sehingga memberi pohon itu pandangan yang keanginan. Pada akhir musim gugur saya melihat bentuk polong biji yang setidaknya tiga inci panjang. Saya menyukai tampilan itu, jadi bahkan jika itu mengambil sebagian energi dari menumbuhkan pohon, saya menyimpan polong biji menikmati tampilan baru ini.

Saya mungkin terburu-buru sedikit, tetapi pada musim semi tahun ketiga saya memilih Panci Jepang merah, dalam inci di mana saya meletakkan bonsai mimosa saya. Untungnya saya hanya perlu memangkas sedikit akar. Jika saya memilih pot yang membutuhkan pemangkasan banyak akar, itu akan memperlambat proses pertumbuhan. Pada saat ini saya tidak sepenuhnya membasmi bonsai saya, tetapi saya menambahkan tanah bonsai. Pot bonsai benar-benar ditambahkan ke ilusi bahwa bonsai ini sudah sangat tua. Seiring waktu, ketika saya merepotkan bonsai ini, saya akan memotong akar dan memasukkannya ke dalam pot yang lebih dangkal.

Apa yang membuat bonsai mimosa terlihat tua adalah batang yang tebal, kanopi tebal yang bagus dengan tiupan, kulit yang retak, batang yang bergeser dan beberapa akar permukaan. Pada tahun keempat mimosa saya memiliki semua karakteristik ini dan tampak seperti sudah sangat tua. Selain itu, sulit bagi teman-teman saya untuk melihat bonsai ini dan menyadari bahwa itu kurang dari tiga puluh tahun.

Ada banyak teknik bonsai yang tersedia untuk penggemar bonsai berpengalaman yang membantu memberi kesan usia yang luar biasa. Layering udara hanyalah salah satu metode yang dapat memberi bonsai ilusi usia dalam waktu yang relatif singkat. Dengan menggunakan aturan-aturan bonsai yang telah berdiri selama ratusan tahun, saya dapat mengambil bagian dari cabang ini dan menjadikannya bonsai yang indah dan memberikan ilusi usia. Tujuan utama menggunakan aturan bonsai ini saat menata dan mengembangkan pohon bonsai yang luar biasa adalah untuk memberikan ilusi usia.
By. MarcasFlower.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya