Cara Menanam Pohon Lohansung (Podocarpus macrophyllus)

Pohon Lohansung, Sering disebut Podocarpus merupakan pohon yang memiliki karakter seperti Pohon cemara dengan ukuran tinggi pohon rata-rata 1-25 m. Daun memiliki panjang 0,5-15 cm, berwujud lonjong (berbentuk sabit), bentuk pohon Lohansung berbentuk kerucut yang hampir menyerupai pohon natal. Selain itu jenis tumbuhan ini banyak dijadikan sebagai bahan bonsai yang berkulitas dan banyak diminati penghobinya.

Gabar bibit Lohansung


Budidaya Tanaman Lohansung

Pohon Podocarpus macrophyllus memiliki nilai seni yang istimewa dalam dunia tanaman hias selain sebagai elemen taman yang berkelas, bonsai juga menjadi satu-satunya kelas yang istimewa jika dibuat dengan bakalan bonsai lohansung. Kami akan menjelaskan beberapa cara menanam dan membudidayakan pohon jenis lohansung.

Cara stek pucuk lohansung

Anda bisa memperbanyak Lohansung dengan stek pucuk, dengan memotong pucuk ranting cabang yang sehat kemudian menanamnya dengan media tanam. Persentase keberhasilan ditentukan berdasarkan pengalaman dan eksperimen penanamnya, semoga dapat menjadi rujukan anda:

  1. Pilih pucuk yang sehat dan potong 10+15cm
  2. Kurangi daun sisakan di ujungnya saja
  3. Sediakan media tanam tanah humus+sekam (yg sudah lapuk) atau bisa juga pasir malang halus yang sudah diayak.
  4. Tanam setengah dari potongan, siram dan teduhkan.

Semai Biji Lohansung

Selain stek budidaya lohansung dapat anda lakukan dengan menanam biji lohansung yang sudah tua dan berusia matang, setelah anda mendapatkan biji lohansung bersihkan dan keringkan setelah biji kering lakukan penanaman dengan media tanam berupa pasir halus, pupuk kandang halus, dan tanah yang baik. Lakukan penyemaian dengan memperhatikan kelembapan tanah agar terjaga.

Semai Biji Lohansung

Semoga informasi diatas dapat menjadi manfaat untuk anda semua, ingat tidak semua cara benar semua unsur dapat saling mempengaruhi keberhasilan dalam menanam lohansung lakukan percobaan dan update diri anda hingga memahami seutuhnya. Salam Marcasflower.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya