Pengenalan Alat dan Teknik Bonsai Di Dunia Tanaman Hias

Teknik Bonsai, seperti halnya bentuk seni apa pun, memiliki teknik tertentu yang diterapkan untuk menciptakan karya. Pelukis menggunakan kuas, komposer menggunakan kertas, pena, dan alat musik; pematung menggunakan berbagai alat. Pebonsai juga menggunakan berbagai alat, alat utama mereka adalah tangan, waktu dan kesabaran.


Alat dan Teknik Bonsai

Bonsai memiliki berbagai teknik yang diterapkan pada seni ini seperti pemangkasan daun, pemangkasan, pengkabelan, penjepitan, pencangkokan, defoliasi, dan kayu mati untuk beberapa nama. Masing-masing teknik ini membutuhkan alat-alat bonsai terutama untuk tujuan itu.

Pemangkasan Daun

Dalam pemangkasan daun, seorang seniman bonsai melakukan pengangkatan daun atau jarum secara presisi dari tanaman atau pohon bonsai. Dalam melakukannya, itu membantu dalam mengembangkan tampilan dewasa dicari dalam potongan bonsai. Pemangkas daun dirancang khusus untuk menghilangkan daun untuk pemotongan cepat yang membuat tanaman bonsai / pohon Anda cepat dan aman untuk Bonsai Anda. Potongan kusam meninggalkan pinggiran yang compang-camping yang dapat menyebabkan penyembuhan lebih lambat.

Penjepit berfungsi baik untuk membuang daun mati serta jarum, serangga, dan gulma dalam wadah. Evergreen variety bonsai membutuhkan jarum yang tumbuh di batang atau di bawah ranting-ranting yang dibuang. Dengan menghapus jarum atau pertumbuhan tunas baru, artis dapat menghasilkan tunas pada batang menambahkan karakter ke bonsai. Pemangkasan daun dan pemangkasan adalah dua teknik yang paling sering digunakan dengan pembuatan bonsai.

Teknik Pemangkasan

Pemangkasan melibatkan pengangkatan cabang, akar, dan pertumbuhan batang. Sangat penting untuk mengetahui seluk beluk pemangkasan bonsai karena salah pemotongan dapat membunuh atau melemahkan bonsai. Pemangkasan engan gunting yang tajam sangat penting untuk pemotongan bersih. Pemangkasan, seperti pemindahan daun sering dilakukan di seluruh pembuatan bonsai. Pemotong cekung adalah alat bonsai yang paling umum digunakan dalam pemangkasan cabang, akar, dan pertumbuhan batang.

Memotong secara miring memiliki tujuang menghilangkan cabang. Tunas baru yang muncul dalam berbagai ukuran harus dirapikan. Memotong secara cekung dilakukan adalah untuk memberikan pemindahan pertumbuhan yang lebih tepat serta memberi seniman bonsai melakukan kemampuan untuk menciptakan luka dahsyat di batang bonsai yang setelah penyembuhan muncul memberi bonsai dengan tampilan yang lebih matang. Yang terakhir dari alat pemangkasan menggunakan pisau pendek dengan pegangan panjang.

Mirip seperti gunting yang akan digunakan pada pagar tetapi dalam ukuran Bonsai, mereka memberi pebonsai kemampuan untuk memangkas bonsai untuk membentuk dan masuk ke area di tempat yang mungkin tidak dapat dijangkau. Untuk mempertahankan bentuk bonsai, yang harus dijaga. Jumlah waktu dan frekuensi di mana Anda harus memangkas akan tergantung pada jenis tanaman atau pohon yang digunakan.

Pengawatan

Pengawatan Bonsai dilakukan untuk membentuk pohon cabang tanaman dalam bentuk yang diinginkan. Ini berfungsi sebagai dukungan dan peta di mana tanaman / pohon akan sesuai. Jenis kawat tembaga dan aluminium digunakan untuk membentuk cabang atau batang bonsai. Kawat dibiarkan di tempat hingga cabang mengeras.

Kabel juga digunakan untuk membentuk bentuk dengan cabang-cabang muda yang masih fleksibel atau untuk menghubungkannya dengan pot bonsai. Tidak semua cabang dilakukan pengawatan tergantung tingkat kelenturan/ fleksibilitas. Cabang-cabang ini dibentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Pengkabelan paling sering dilakukan pada musim semi ketika ada pertumbuhan baru dan cabang lebih fleksibel. Saat memasang kawat, Anda perlu ekstra hati-hati agar tidak melukai kulit kayu. Menjaga kawat tetap kuat dan di lokasi yang rumit (misalnya tikungan, persilangan) harus dilakukan secara bijak tanpa memaksakan keadaan pohon bonsai.

Alat yang paling umum digunakan dengan kawat bonsai Anda adalah pemotong kawat. Seorang seniman bonsai menggunakan pemotong kawat tidak hanya untuk memotong kawat tetapi untuk membuat kawat dan bonsai terlihat presisi dan tidak terkesan tak beraturan. Pemotong kawat Bonsai memiliki hidung bulat, yang memungkinkan pebonsai untuk masuk ke cabang dan tidak merusak kulit.

Teknik Menjepit Bonsai

Clamping Menjepit Bonsai adalah teknik lain yang digunakan oleh seniman bonsai dalam pembentukan cabang dan batang yang menghadirkan kayu kaku. Yang paling umum digunakan adalah klem berbasis sekrup yang memungkinkan pebonsai untuk memberi tekanan pada cabang atau batang yang meningkat selama periode waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Penyambungan Bonsai Dan Tanaman Hias

Penyambungan dilakukan untuk menggabungkan dua tanaman atau pohon bersama-sama untuk memberikan penampilan sebagai bonsai tunggal. Alasan umum lainnya di balik penyambungan adalah bahwa beberapa sistem akar tanaman saja dalam seni bonsai tidak cocok untuk berdiri sendiri; dengan menggabungkan dua sistem akar.

Alat umum yang digunakan dalam penyambungan pisau cangkok atau pisau okulasi. Penting bagi anda untuk menggunakan pisau yang tajam agar tidak meninggalkan luka parah yang dapat menyebabkan kerusakan pada bonsai. Bahan pengikat dan pembungkusan digunakan untuk menjaga agar akar yang tumbuh pada media tanam tidak rusak atau bertaburan. Bahan pengikat dan pembungkus yang biasa digunakan adalah pita, plastik, rafia, strip karet dan benang.

Defoliasi

Defoliasi adalah praktek penghilangan total daun dengan memotong sebagian di sepanjang tangkai daun (tangkai) daun, yang nantinya akan mengering dan rontok. Ini memaksa tanaman baru daun yang lebih kecil menambah estetika kerdil. Kerdil daun jangka pendek ini hanya dapat dilakukan paling banyak setiap tahun karena efek melemahnya pada pohon. Tidak semua tanaman / pohon dapat bertahan hidup jika dilakukan defoliasi. Gunting bonsai tajam adalah alat yang paling umum digunakan untuk teknik ini.

Batang Kering

Deadwooding adalah teknik yang digunakan untuk memberikan tampilan kulit yang matang pada pohon muda. Ada dua gaya deadwooding yang berbeda; jin digunakan ketika kulit dikupas sepenuhnya dari cabang, dan teknik shari digunakan ketika mencoba memberi kesan bekas luka di cabang atau batang. Teknik-teknik lain dilakukan untuk memberikan tampilan dari biji yang ditinggikan dalam batang atau pemutihan batang menggunakan senyawa kapur sulfur.


Ada banyak teknik lain yang digunakan dalam seni bonsai dan berbagai alat yang berbeda untuk mencapai efek teknik tersebut.Salam Marcasflower.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya