Konsep Dasar Membuat Taman Yang Indah

Taman, Mendengar kata tersebut membuat  hati dan pokoran kita serasa di dasar gunung dengan pemandangan yang hijau dan betebaran bunga yang merekah disertai aroma harum yang membuat perasaan kita serasa berada disurga. Pada kesempatan ini kamiakan menjelaskan beberapa konsep dasar taman yang harus kita ketahui, agar kita termotivasi untuk peduli terhadap lingkungan dan alam disekitar kita.

Taman Indah


Konsep Dasar Membuat Taman

Gambaran umum tentang dasar pembuatan taman akan kami terangkan secara singkat supaya kita lebih awal dapat mendeteksi dan memahami potensi yang yang lebih menguntungkan baik secara moril atau materiil.

Arti Taman

Taman adalah wilayah yang terisi komponen beberapa material keras dan lunak yang saling mendukung dan melengkapi yang tersusun satu sama lainnya yang dibuat oleh manusia dalam kegunaanya yang bertujuan sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan maupun luar ruangan. Taman dapat diklasifikasikan dalam 2 bentuk yaitu taman alami dan taman buatan. Dengan definisi diatas kita bisa lebih emahami dasar teori pembuatan taman, biasanya terdapat beberapa tanaman yang dipilih untuk menunjang keindahan hasilnya. Rerumputan dan bunga memliki dua elemen flora yang sangat mempengaruhi kelengkapan elemen taman tersebut dan sbagai contoh taman yang ada di Indonesia yaitu Taman Bunga Nusantara dan Taman Bunga Bogor.

Elemen Taman


Elemen Taman Lunak (Soft lansscape)

Gambar Softscape

Dalam membuat taman salah satu elemen yang harus dissiapkan yang merupakan keindahan yang muncul secara alai adalah elemen taman lunak ini, Soft scape adalah suatu material lunak yang digunakan sebagai salah satu komponen yang akan digabungkan atau dipasang menjadi satu kesatuan bersama elemen keras. Sebagai contoh yang bisa kita sebutkan adalah tanaman dapat berupa pepohonan, rerumputan, beberapa jenis bunga, air, dan lain-lain. Tujuan adanya elemen ini yaitu adanya untuk memberi bentuk pada taman landscape, menciptakan kesan, suasana, dan kepekaan rangsangan pada orang sekitar.

material keras taman hardscepe

Elemen Taman Keras (Hard Lanscape)

Hardscape merupakan elemen yang memiliki material padat atau keras yang dibuat untuk melengkapi susunan material elemen lunak sekaligus untuk memberikan efek yang dinamis. Sebagai contohdalam sebuah taman adalah adanya bebatuan, jalan setapak, bangunan-bangunan gubuk atau rumah dan lainya.

Bentuk Dasar Taman

Berdasarkan hasil yang diciptakan taan memiki dua hasil yang harus dipilih, seblum merencanakan proses pembuatan taman baik dilingkungan rumah hunian atau tempat yang lebih luas terlebih dahulu kita harus memikirkan apa yang harus diciptakan. Apakah konsep Taman Alami atau Taman Buatan. Setelah kita tentukan baru kita rancang anggaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jenis Tempat Taman

Cara membuat taman dalam ruangan

Jika ditinjau dari lokasi dan tempatnya taman dapat disebut sebagai taman didalam ruangan atau indoor garden dan taman diluar ruangan outdoor garden, material yang digunakan pun disusun sesuai dengan konsep rancangan awal yang telah ditentukan sedangkan model, model taman yang akan dibuatpun memiliki model atau bentuk dengan banyak pilihan.

Konsep Taman Yang Indah

Tahapan yang harus dilewati untuk membuat taman memiliki banyak aspek yang harus dipersiapkan, beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk pembuatanya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya Taman
  2. Rancangan Desain Gambar
  3. Tenaga Kerja berpengalaman
  4. Ketersediaan Elemen Taman yang dibutuhkan
  5. Waktu pembuatan harus terjadwal

Perawatan Taman

Kebersihan taman merupakan hal yang paling harus diperhatikan,


Mengapa demikian?
Mayoritas masyarakat pasti bisa menjawabnya, karena kebersihan akan menciptakan suasanya kenyamanan dan kesegaran bagi penikmat yang ada disekelilingnya. Kebersihan juga akan menciptakan sirkulasi udara yang baik dilingkungan taman tersebut. Selain itu kebutuhan air yang cukup untuk penyiraman tanaman dan tempat-tempat sampah yang mudah dijangkau membuat orang memiliki kecenderungan untuk lebih menyadari arti penting bersih secara tak sadar. 

Baiklah saudaraku bagaimana menurut anda? pertanyaan yang harus kita jawab adalah! Kapan kita peduli dengan lingkungan kalau tidak kita mulai dari sekarang.  Lingkungan terdekat dan terkecil adalah langkah derhana dan akan besar dengan dengan sendirinya kalau ita konsisten menjaganya. Semoga dengan artikel ini kita bisa segera membuat hunian kita lebih nyaman dan bahagia dengan hadirnya taman di rumah anda. Salam Marcas Flower.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya