Tips Untuk Mengairi dan Menyiram Pohon Bonsai

Menyiram Pohon Bonsai - Ada banyak keterampilan berbeda yang diperlukan untuk berhasil menanam Pohon Bonsai di rumah Anda. Beberapa di antaranya mudah diidentifikasi, seperti memangkas atau melatih pohon. Untungnya tidak satu pun dari ini biasanya berakibat fatal bagi pohon kecuali Anda menjadi terlalu fisik dengan pohon ketika Anda melatihnya, dan akhirnya putus cabang atau batang pohon. Ada satu keterampilan lain yang bisa, dan sering, fatal bagi pohon Bonsai dan itu penyiraman.


Ada kepercayaan lama di Jepang yang membutuhkan 3 tahun untuk belajar menyiram Bonsai Anda dengan benar. Hal ini juga sering mengatakan bahwa mungkin diperlukan tiga tahun hilangnya pohon sebelum penggemar Bonsai baru menyadari bahwa resimen air mereka mungkin menjadi penyebab kerugian.

Mengairi dan Menyiram Pohon Bonsai 

Ada dua masalah dengan penyiraman, kita baik di atas atau di bawah pohon Bonsai. Efek dari pengairan bawah cukup mudah dikenali. Sementara efek penyiraman yang berlebihan dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi nyata. Penyiraman yang berlebihan juga biasanya jauh lebih sulit untuk didiagnosis. Di bawah penyiraman dan membiarkan kompos mengering sepenuhnya adalah cara tercepat untuk membunuh pohon Bonsai.





Tanaman yang didirikan di tanah memiliki kemampuan bawaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kuantitas air. Jika pohon membutuhkan air tambahan, akarnya akan mulai menyebar mencari air. Tanaman yang tumbuh di daerah yang lebih kering akan cenderung memiliki struktur akar yang jauh lebih besar. Namun, ketika tanaman dipaksa untuk tumbuh dalam pot, seperti pohon Bonsai, pohon tidak memiliki kemampuan untuk struktur akar menyebar di luar batas pot, dalam usahanya mencari air tambahan. Dengan kata lain, Pohon Bonsai tumbuh dalam pot, bergantung pada Anda untuk mengatur air dari tanaman.

Dampak Salah Menyiram Bonsai

Sekali pohon Bonsai, atau dalam hal ini pohon atau tanaman apa pun, telah mulai menunjukkan efek dari pengairan, seringkali sudah terlambat untuk menyelamatkan pohon dengan menambahkan air tambahan. Bahkan menambahkan air pada titik ini sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan lebih pada pohon. Air sebenarnya bisa ditarik dari pohon dengan proses yang dikenal sebagai osmosis terbalik. Pohon Bonsai yang menderita penyiraman bawah akan menunjukkan kerusakan pada daun, akar cabang dan batang pohon. Daun akan mengering dan jatuh dari ranting-ranting, ranting-ranting itu sendiri akan menjadi rapuh dan mudah pecah.

 Menyiram Pupuk Kompos

Jika pohon Bonsai telah menyirami akar dan kompos yang mengelilingi akar akan basah secara permanen. Pohon yang sehat harus dapat menarik oksigen ke akarnya. Oksigen ini biasanya berasal dari kompos di sekitar akar. Namun, ketika kompos tersebut basah secara permanen, ia tidak memiliki kemampuan untuk menyerap udara. Ini menyebabkan kematian akar, diikuti oleh pohon yang mati sendiri.




Jadi pertanyaannya adalah bagaimana Anda, sebagai penggemar Bonsai, belajar menyiram Bonsai Anda dengan benar. Cara paling sederhana mungkin terdengar aneh, tetapi yang paling sederhana adalah "Jangan pernah Menyirami Bonsai Anda sebagai rutinitas. Sebaliknya belajar menyiram Bonsai Anda hanya ketika pohon membutuhkannya. Pada hari yang sangat panas, Bonsai Anda mungkin membutuhkan air tambahan, di lain waktu pohon mungkin tidak membutuhkan air tambahan selama beberapa hari. Untuk menentukan kapan pohon Anda benar-benar membutuhkan air, periksa kompos. Kompos akan berubah warna dan penampilan karena mulai mengering. Ketika warna kompos berubah dan bagian atas dari kompos telah mengering, saatnya untuk menyirami pohon Bonsai Anda.

Penyiraman Pagi Dan Sore Hari

Pagi adalah waktu terbaik untuk menyirami Bonsai Anda. Ini memungkinkan air untuk menyerap ke dalam kompos dan struktur akar sebelum efek matahari dan panas tengah hari mempengaruhi pohon. Penyiraman sore atau sore hari tidak dianjurkan, kecuali Bonsai mengering pada siang hari.

Tanah yang Anda tanam Bonsai di dalamnya dapat mempengaruhi seberapa banyak dan seberapa sering Anda perlu air. Kebanyakan pohon Bonsai yang berasal dari pembibitan komersial akan memiliki pot berisi kompos. Kompos akan menahan air lebih lama daripada tanah anorganik, jadi sangat penting bagi Anda untuk memantau kompos secara teratur untuk mencegah penyiraman berlebihan. Jika memungkinkan, Anda disarankan untuk mengganti kompos dengan tanah anorganik karena tanah ini mengurangi kemungkinan penyiraman berlebihan. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar penumbuh tidak merekomendasikan untuk mereproduksi Bonsai untuk tahun pertama, karena ini dapat memberi tekanan tambahan pada pohon.

Perendaman Pencelupan Bonsai

Beberapa sumber menyarankan Anda menyiram Bonsai dengan "Pencelupan". Penyiraman perendaman digunakan untuk membuat air menjadi organik berkualitas rendah yang dipadatkan. Jika Bonsai benar-benar perlu disiram oleh perendaman, itu benar-benar dalam masalah. Cara terbaik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan membuat lubang kecil di tanah untuk memungkinkan air masuk ke tanah, dan pada kesempatan paling awal merepotkan tanaman.

Penyiraman hanya harus dilakukan ketika tanaman benar-benar perlu disiram. Jangan terlalu banyak atau di bawah air tanaman. Dan ketika Anda menyirami pohon Bonsai, pastikan Anda menyiraminya dari atas pohon. Kemudian bersantai dan menikmati pohon Bonsai Anda.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya