Cara Membuat Bonsai Penjing Penuh Imajinasi

Bonsai Penjing, Pernahkah anda melihat miniatur tanaman beserta tambahan elemen-elemen tertentu yang mewakilkan suasana sesungguhnya. Terkadang panggila tanaman hias yang belum lama menekuni dan mempelajari ilmu bonsai masih bingung. Nama seni membuat bonsai ini disebut dengan Penjing yang memiliki arti pemandangan nampan dalam bahasa Tionghoa disebut pinyin. Setelah anda mengetahuinya maka kami akan masuk ke bahasan selanjutnya.

picture Penjing

Klasifikasi Bonsai Penjing

Penjing merupakan aktualisasi alam yang mengkolaborasikan ilusi yang kreatif untuk menampilkan keindahan beberapa unsur tanaman dan bahan lainya yang dimodifikasi. Sesungguhnya penjing dapat dibagi menjadi tiga jenis yang dilihat dari subyeknya:

  1. Penjing pohon (shumu penjing), 
  2. Penjing pemandangan/lanskap (shanshui penjing), dan
  3. Penjing air dan tanah (shuihan penjing). 
Dengan ketiga unsur tersebut maka inspirasi anda sudah mulai terbentuk untuk menyiapkan jenis yang akan anda pilih untuk mulai proses pembuatan. 

Dasar Imajinasi

Untuk memulai membuat bonsai penjing, ada beberap hal yang harus direncanakan. Sudut pandang yang tinggi dan imajinasi yang tepat akan menentukan hasil yang optimal. Ketelitian dan kesempurnaan membentuk karya yang tergambar indah dalam pemandangan miniatur adalah kunci utama. Dalam membuat penjing seseorang membutuhkan beberapa orang yang memiliki persamaan inspirasi yang kreatif.

Penjing bonsai imagination

Unsur Untuk Membuat Bonsai Penjing

Pembuatan Penjing Bonsai ada beberapa unsur yang harus disediakan, apabila salah satu elemen hilang dapat menghilangkan keindahan. Keseimbangan bagian pohon bonsai juga perlu diperhatikan, Besar dan tinggi pohon harus disesuaikan dengan miniatur yang akan dibuat dan diberikan. Beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuatnya.

Pot, Pembuatan pot penjing bisanya berbentuk simpel dan memilki kreatifitas yang tinggi.
Pohon bonsai, Pohon bonsai dipersiapkan dan dibuat untuk menunjang inspirasi bahan lainya.
Bebatuan, Biasanya konsep bebatuan dibuat menggunakan jenis batu asli yang unik atau menggunakan batuan buatan dengan semen.
Tanah, Tanah yang biasa digunakan memiliki kandungan nutrisi yang cukup.
Aksesoris Lain, Tambahan elemen dapat dibuat atau dibeli dengan melihat kondisi tema yang dibuat.
Sketsa, Gambar berbentuk skets atau fhoto adalah modal utama untuk mewujudkanya kedalam seni penjing.

Ulmus penjing bonsai picture

"Berbeda-beda tetapi tetap satu jua" adalah ungkapan yang sesuai dengan jenis bonsai penjing. Dan hikmah yang bisa kita simpulkan sesuai dengan wujud sempurnanya. Keindahan yang muncul yaitu dengan menyatukan perbedaan beberapa unsur menjadi satu dengan elemen yang saling melengkapi dan menyesuaikan keadaan. Kita sebagai manusia harus bisa menjadi unsur untuk bermanfaat untuk orang banyak sesuai kemampuan dan pengetahuan kita. By. Marcas Flower
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya