Serut (Streblus Asper)

gambar serut streblus asper

Streblus Asper , Adalah nama ilmiah dari tanaman yang sangat populer di pecinta tanaman hias di nusantara, Ketenaran yang sudah muncul sejak lama membuat tanaman ini banyak dibudidayakan dan diminati oleh para pecinta tanaman hias. Nama tanaman yang satu ini disebut tanaman Serut, So..?sebelum mengenal lebih jauh secara mendalam, terlebih dahulu kita pahami secara dasar dengan  tanaman ini agar kita mengetahui gambaran umum tentang pohon serut.



Tanaman Serut


Karakter Tanaman Serut

Ciri-ciri yang harus kita pahami dan ketahui tentang tanaman serut yang spesifik adalah sebagai berikut.

Daun 

Daun serut memiliki ciri yang unik yaitu berwarna hijau memiliki kesan kesat dan berbulu dengan bagian tepi kelopak daun yang bergerigi seperti tekstur mata gergaji. Susunan daun yang sejajar kiri dan kanan ototmatis daun tanaman serut memiliki struktur tunas yang sejajar. Daun streblus asper merupakan daun tanaman pohon yang bisa dibuat atau dibentuk seperti daun tanaman perdu bahkan dapat dijadikan bonsai.

daun serut picture atau daun streblus asper

Batang

Jenis Batang Serut yang dapat membesar dan tumbuh dalam tinggi 2-5 meter membuat tanaman ini dapat memiliki diameter batang yang bisa membesar. biasanya tanaman serut ditanam olehorang-orang terdahulu yang mengetahui tentang manfaat dan kegunaan tanaman streblus asper tersebut. sistem pengembangbiakan tanaman serut biasanya dilakukan dengan mencangkok batang tanaman serut yang sudah sesuai ukuran. Artikel terkait dari kami Indahnya Bonsai Serut Terbaik Bernilai Mahal.

Gambar Batang serut steblus asper

Akar

Kesan elegan dan menarik yang nampak pada akar serut membuat tanaman ini dijadikan pilihan sebagai bonsai. Dialam bebas akar serut tumbuh dengan sisten tunas yang muncul melalui akar sehingga akarnya memiliki bentuk yang tidak beraturan. Pohon serut membutuhkan lingkungan lembab untuk mempertahankan hidupnya dikarenakan kebutuhan air yang cukupakan membuat tanaman serut bertahan lama.

Gambar akar serut  bonsai

Persebaran Tanaman Serut

Pohon serut tersebar diseluruh indonesia dari sabang sampai merauke baik pulau sumatera, jawa, sulawesi, kalimantan, bahkan papua. Pada dasarnya tumbuhan serut hidup secara liar dihutan-hutan tropis. Banyak para pecinta tanaman hias melakukan perburuan serut di hutan atau daerah perbukitan untuk mendapatkan karakter bahan bonsai dengan batang dan akar yang unik dan indah.

Serut Di Dunia Kesehatan

Dalam dunia kesehatan Bagian tanaman serut dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. secaraa umum bagian daun serut dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit liver (hepatitis) dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Selain itu batang, akar dan kulit batang serut bagi sebagian kalangan serut juga dapat difungsikan untuk mengobati penyakit lainya seperti kusta, sakit gigi, epilepsi, pembengkakan dan lain-lain.

Gambar tanaman serur dalam pengobatan

Bahkan ada beberapa kalangan yang menganggap serut memiliki mitos-mitos tertentu yang mereka percayai membawa sesuatu. Tetapi intinya bahwa kita semua meiliki keyakinan dan tuhan atas agama masing-masing jadi kita percayakan semuanya pada keyakinan atas tuhan kita. Demikian dari kami salam MarcasFlower.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya