Bentuk Model Pot Bonsai Unik Pilihan Terbaik

Pot Bonsai - Dalam dunia tanaman hias keindahan tampilanya ternyata dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah wadah atau tempat untuk menaruh bunga atau pohon anda terkadang kita mengabaikan hal itu sehingga terkesan berantakan dan tidak teratur. Pengepotan ternyata dianggap penting untuk menampilkan kesan istimewa pada tanaman kesayangan kita, keselarasan, keindahan, dan kekuatan akan tampak padanya.

Gambar Pot


Model dan Jenis Pot Bonsai

Pot adalah sebuah wadah yang terbuat dari jenis tertentu sebagai pelindung tanah dan akar dengan tujuan terteentu pada tanaman. Seni Bonsai tidak dapat dilepaskan dari unsur pot sebagai kunci utama selain unsur pokk pada bentuk dan gaya bonsai tersebut. Bahkan ketika model bonsai yang kita miliki apabila ukuran pot dan tanaman tidak sesuai pun akan menimbulkan banyak kerancuan jika dinikmati, sebelum kita membahas lebih banyak anda harus mengetahui beberapa macam pot bonsai.

Bahan Dasar Pot Bonsai

Sebuah pot dibuat menggunakan bahan bahan tertentu yang memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, anda dapat memilih beberapa jenis yang disesuaikan dengan keadaan anda:

  1. Polybag, Terbuat dari plastik memiliki ketebalan yang minim sehingga hanya dapat digunakan dalam kurun waktu terbatas, biasanya hanya digunakan sebagai proses penyemaian atau pembesaran bonsai sementara.
  2. Pot Tanah Liat, Pot tanah liat dibuat dengan cara dibentuk menggunakan tangan dan alat tertentukemudian melalui proses pengeringan dan pembakaran kemudian biasanya dicat atau  dikeramik sering disebut sebagai pot keramik.
  3. Pot Semen, Pot semen dibuat menggunakan cara cetak atau manual biasanya menggunakan bahan dasar pasir dan semen bahkan bisa diperkuat menggunakan rangka kawat atau besi.
  4. Pot Plastik, Pot plastik biasanya diproduksi pabrik dengan model dan ukuran yang ditentukan pabriknya dengan banyak pilihan sehingga kita cukup membelinya dengan ukuran tertentu. Pot plastik memiliki haarga yang cenderung ekonomis dan memiliki daya tahan lebih lama dibanding pulybag.
  5. Pot Batu Alam, Pot yang satu ini biasanya didapatkan dari hasil atau proses alam dan didapatkan melalui pencarian dengan bentuk dan karakter tertentu sehingga bisa dijadikan wadah tanaman, bahkan bisa dibuat secara manual menggunakan tekhnik pahat membentuk bentuk pot tertentu.

Bentuk Pot Bonsai Unik

Pot Bulat

Banyak sekali bentuk yang dapat dihasilkan dan kita miliki karena banyaknya bentuk maka kita hanya bisa mengklasifikasikanya secara umum sesuai bentuk antara lain sebagai berikut:

  • Pot Bonsai Kotak
  • Pot Bonsai Bulat
  • Pot Bonsai Lonjong (Oval)
  • Pot Bonsai Segitiga
  • Pot Bonsai Segi 6, 8 dan seterusnya.
  • Pot Bonsai Tak Beraturan


Ukuran Pot Bonsai

Besar kecilnya pot tergantung dari tinggi, panjang dan lebar. Jika dilihat dari tingginya dibedakan menjadi tiga yaitu Pendek (Pot Bonsai Ceper), Sedang dan Pot tinggi. Jika dilihat dari lebar dan Panjangnya disesuaikan dengan ukuran bonsai dan sama yaitu ukuran Small, Medium, Large dan Extra Large.

Cara Memilih Pot Bonsai terbaik

Pemilihan pot bonsai dapat anda lakukan dengan cara yang sederhana, pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi keuangan anda jangan sampai menghambur-hamburkan uang tetapi tidak tepat sasaran. Bonsai adalah hal yang eksklusif dalam dunia tanaman hias, proses yang panjang dan harga yang mahal menjadi ukuran yang harus diperhatikan.

Gambar Pot Unik

Jika anda memiliki koleksi bonsai yang banyak anda harus memiliki prioritas utama untuk beberapa koleksi anda, mana yang sudah pantas untuk diberi sepatu (Pot) dan mana yang belum saatnya. Sebelum anda membuatkanya dan membelikan pot untuk bonsai anda ukur terlebih dahulu bonsai anda dari tinggi dan lebar bonsai langkah selanjutnya tentukan ukuran pot disesuiakan dengan besar dan panjang bonsai dan akhirnya anda dapat membelikan atau membuatkan potnya, Marcas Flower.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya