Klasifikasi Ukuran Tinggi Bonsai (Mame, Small, Medium, Large dan XL)

Ukuran Bonsai, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai klasifikasi tinggi bonsai yang sesuai dengan aturan yang banyak digunakan dan disetujui para pemain bonsai. Dikawasan manapun setiap bonsai yang dibuat pasti memiliki beberapa kriteria yang masuk dalam kategori penilaian sesuai dengan aturan yang disetujui secara bersama oleh para penghobi sejenis. Anda bisa mengetahui setelah kami berikan penjelasanny dalam artikel ini.

Gambar Tinggi Bonsai


Ukuran Standar Bonsai Sesuai Kategori

Tinggi bonsai adalah tolak ukur ketika anda akan menentukan pembentukan bonsai, mengapa dmikian ketika bonsai akan anda buat bahkan ketika bakalan anda dapakan, anda harus mulai mendesain perencanaan yang matang dari segi ukuran dan bentuk kemudian disesuaikan dengan potensi bahan yang ada.

Cara Mengukur Tinggi Bonsai

Secara umum yang dilakukan pebonsai untuk melihat masuk dalam kategori ukuran tertentu, langkah yang harus dilakukan adalah mengukur tinggi bonsai dimulai dari permukaan media tanah bagian atas dalam pot hingga bagian pucuk bonsai bagian atas. Dengan demikian anda bisa melihat klasifikasi dibawah masuk dalam kategori yang mana.

Bonsai Height

Gunakan alat ukur meteran untuk mengukur tinggi bonsai diatas 30cm, sedangkan untuk ukuran bonsai dibawah 30cm anda bisa menggunakan penggaris untuk mengukur berapa tinggi bonsai anda. apabila anda memiliki trik dan alat ukur lain silahkan bereksplorasi dengan tehnik anda sendiri.

Klasifikasi Tinggi Bonsai Secara Umum

Setelah sobat bonsai mania membaca pengantar diatas tibalah kita dengan topik yang dibahas, istilah ukuran bonsai biasanya disebutkan menggunakan bahasa asing dan bahasa kita. Wajar terjadi, karena bonsai berasal dari negeri timur yaitu negara tiongkok dan jepang. Yuk kita lihat ukuranya sebagai berikut:

Bonsai Mame (Sangat Kecil)

Ukuran Mame bonsai yaitu memiliki ukuran tinggi bonsai dibawah 15cm, dengan kata lain tingkat kerumitanya luar biasa dalam pembuatanya. Bonsai jenis yang satu ini sangat cocok berada didalam ruangan atau indoor bonsai.

Bonsai Kecil (Small)

Ukuran tinggi Small Bonsai yaitu berkisar 16cm - 30cm, terkadang banyak pemain bonsai pemula salah menyebutkan keduanya antara mame dan small walaupun sama-sama kecil tetapi memiliki perbedaan ukuran. Bagaimana mudah bukan membedakanya? tentu setelah kita tau aturanya.

Photo BonsaiKecil
Bonsai PPBI Tubaba

Bonsai Sedang (Medium)

Tinggi bonsai antara 31cm sampai 45cm diklasifikasikan sebagai medium bonsai, bisanya ukuran batang yang dibuat tidak terlalu besar. Hal ini akan merubah keserasian dan keindahan bonsai, walaupun tergolong marih pendek tetapi bonsai ini tergolong flexible yaitu bisa ditempatkan didalam atau diluar ruangan.

Bonsai Besar (Large)

Ukuran yang satu ini lebih tinggi lagi dari sebelumnya yaitu kurang lebih 46cm - 75cm, dengan tinggi hampir mencapai satu meter pembuatan bonsai ini memerlukan bakalan bonsai dengan batang yang besar. Selain itu menghasilkan Cabang pohon hingga sesuai dengan besar batang membutuhkan kesabaran yang extra, tetapi semua usahaa tidak akan mengecewakan hasil.

Bonsai sangat Besar (Extra Large)

Kekuatan Tinggi bonsai yang satu ini adalah besar batang dan karakter kulit batang yang memiliki power, kesan tua pada permukaan batang akan menambah sangarnya bonsai yag satu ini. Ukuran tinggi bonsai jenis ini adalah 76cm - 1m, dengan tinggi maksimal satu meter membuatnya menjadi sesuatu yang langka untuk menjadikanya sempurna. Membutuhkan waktu puluhan tahun untuk membuat semua elemen bonsai ini perfect.

Bonsai Raksasa (Giant Bonsai)

Betul sekali namanya raksasa pasti tinggi dan besarnya luar biasa, bahkan bisa-bisa batang pohon dipindahkan dihalaman rumah untuk membetuknya. Ukura tinggi Giant Bonsai yaitu diatas 101m dan biasanya tidak dimasukan dalam kategori bonsai karena termasuk dalam elemen taman atau sebagai tnaman hias di halaman.

Bonsai Raksasa
Koleksi Bonsai Tulang Bawang Barat


Dengan ini selesai sudah pembahasan kita mengenai bonsai size, setelah kita mengetahui semua jenisnya maka jelaslah langkah selanjutnya untuk membuat bonsai. Penyebutan ukuranpun tidak asal bicara bilakita tau dasar yang sebenarnya. Semoga tulisan kami membantu anda terima kasih atas kunjunganya salam dari kami Marcas Flower.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya