Cara Menanam Biji (Benih) Pohon Serut Sebagai Bibit Bonsai

Biji Serut - Mungkin sebagai masyarakat yang awam, jarang sekali yang mengetahui bahwa pohon yag dapat dijadikan bonsai ini sebenarnya memiliki biji. Bijinya dapat ditanam untuk dijadikan sebagai tanaman hias, bahkan sebagai bahan bonsai yang berkualitas. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai proses penanaman biji serut hingga siap ditanam di media tanah yang baru.

Gambar Bibit Serut


Tanaman serut mulai mengalami kelangkaan seiring permintaan pecinta tanaman hias yang tinggi, sebenarnya hal ini berpeluang untuk menjadikanya sebagai ladang duit. Penghasil bibit serut dengan cara dicangkok atau semai biji dapat dilakukan untuk bibit serut baru.

Cara Menanam (Biji Buah) Serut  Untuk Bonsai

Biji serut memiliki ukuran yang sangat kecil yang berukuran 2 - 4mm, proses yang harus dilakukan untuk membudidayakan serut yang utama adalah niat dan ketekunan. Lahan yang kosong dipekarangan atau kebun kita dapat dimaksimalkan dengan menanam serut. Simak dengan seksama tutorial menanam biji serut:

Menyiapkan Biji Serut

Sebelum melakukan penyemaian siapkan biji serut untuk dijadikan bibit biji siap tanam, biji tersebut dapat anda dapatkan dengan membeli atau memintanya ditempat orang terdekat anda, kalu orang yang tidak anda kenal pasti tidak dikasih? heheheh.

Setelah biji serut kita dapatkan bersihkan dan keringkan biji yang sudah tua untuk ditanam, biji serut muda tidak akan hidup jika ditanam. Setelah biji dibersihkan untuk penanaman dalam waktu lama keringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur atau dioven, setelah itu barulah biji serut dapat disemai.

Penyiapan media tanam

Ada beberapa pilihan untuk menyemai serut, yaitu dengan menyemai secara langsung ditanah, didalam pot, dan menggunakan polybag kecil. Ketika salah satu alternatif sudah dipilih siapkan media tanah untuk menyemai biji serut. Tanah dan pupuk kandang sebagai media tanam usahakan dilakukan penyaringan ahgar tanahnya lembut.

Penyemaian Biji Serut

Setelah media tanah ditaruh di pot atau polibag kecil, tanam biji serut tersebut dengan menata biji dengan ukuran yang sesuai kemudian taburi biji tersebut dengan tanah halus yang sudah dicampur pupuk kandang. Usahakan jangan terlalu tebal agar tunas yang tumbuh dapat mendapat ransangan yang baik, dari nutrisi tanah dan air.

Penyiraman Benih Serut

Benih yang sudah selesai ditanam harus mendapatkan penyiraman setiap hari, tehnik penyiraman yang dilakukan disesuaikan dengan lokasi tempat benih serut tersebut diletakan. Jika diletaakan ditempat terbka dan terkena sinar matahari langsung lakukan penyiraman pagi dan sore setiap hari. Jika ditaruh ditempat yang teduh sirami dengan melihat kondisi tanah, jika tanah terlalu lembab dapatterjadi pembusukan pada benih atau benih terserang jamur.

Pemindahan Bibit Serut

Setelah benih serut tumbuh dan mencapai tinggi 5cm - 10cm maka serut dapat dikatakan sebagai bibit. Setelah bibit tersebut siap lakukan pemeindahan dengan menanamnya ditempat yang luas atau di polibag yang lebih besar.

Semoga Artikel Ini membantu dan bermanfaat, Sebagai usaha pelestarian tanaman pohon serut ini. Terima kasih atas kunjungan dari bonsai mania, semoga mempererat persaudaraan kita sebagai rekan satu hobi yang dibungkus dalam persaudaraan dengan media bonsai. Salam Marcasflower.
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya