Jenis Alat Bonsai Yang Harus Dimiliki Pebonsai

Alat Bonsai - Sebagai seorang pembuat tanaman hias terutama pebonsai hal yang paling utama harus anda miliki adalah perlengkapan peralatan pembuat dan pembentuk tanaman bonsai. Tanpa adanya alat dan bahan yang memadai maka hasil akhir bonsai anda tidak maksimal. Selain alat terpenuhi tekhnik menggunakan dan pembentukan akar, batang, cabang, ranting dan daun adalah kuncinya. 


Peralatan Bonsai Yang Wajib Dimiliki

Alat bonsai yang wajib dipunyai akan kami sebutkan dan jelaskan dalam postingan ini. Selain alat-alat yang pokok dibawah. ada banyak sekali alat tambahan yang biasanya dimiliki pebonsai propesional. 

Alat Pokok Pebonsai

Gunting Pemotong Ranting Dan Daun

Alat pemotong rantig dan daun biasanya digunakan untuk membentuk alur dan daun sehingga memunculkan mahkota daun ynag indah dan memiliki tingkat atau sap daun yang jelas. Selain itu pemruningan biasanya dilakukan pada saat tanaman mengalami proses pengerdilan daun dan melebatkan daun. Artikel lain terkait Membuat Karya Seni Bonsai.


Gergaji Bonsai

Pemotong batang yang banyak digunakan untuk memotong jenis batang yang besar biasanya para pembuat bonsai menggunakan gergaji. jenis ggergaji bonsai memiliki banyak bentuk dan beberapa ukuran disesuakan dengan besarnya batang yang akan dipotong.

gergaji bonsai all size

Kawat Bonsai

Alat pembentuk bonsai ini digunakan untuk membentuk liukan-liukan indah pada alur akar, batang dan cabang bonsai. Tanpa adanya kawat bonsaipun bisa dibentuk menggunakan tali tetapu hasil liukan batang yang diperoleh kurang unik dan maksimal. Ingat inspirasi dan pengalaman membentuk menggunakan kawat sangat diperlukan.

alat Kawat Bonsai

Pisau Bonsai

Peralatan pisau bonsai biasanya digunakan untuk memmotong bagian bagian tertentu yang berfunsi untuk membersihkan akar-akar liar, tunas baru bonsai yang tidak berguna, dan dapat digunakan untuk mengupas kulit untuk dilakukan pencangkokan dan penyetekan.

photo pisau bonsai

Tang Pemotong Kawat Bonsai

Kawat bonsai yang baru dibeli biasanya memiliki ukuran yang panjang dan berbagai ukuran, maka anda memerlukan Tang pemotong untuk memotong kawat dengan disesuaikan kebutuhan yang diperlukan.


Pemahat Bonsai

Alat pemahat Bonsai sebenarnya bisa menggunakan alat ukir kayu dan bahkan bisa menggunakan alat tertentu yang berfungsi untuk mengupas dan mengukir batang bonsai agar terlihat angker dan terkesan Sangar.
 
pemahat Bonsai picture

Meja Putar Bonsai

Peralatan meja yang satu ini memiliki fungsi yang beragam selain mempermudah pebonsai untuk membentuk bonsai alat tersebut dapat mengukur view atau penampakan bonsai agar terlihat lebih cantik dan indah. Bahkan alat pemutar tersebut dapat menggunakan alat pemutar untuk membuat pot bonsai sekaligus.

table bonsai

Kuas Pembersih

Alat kuas Bonsai berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada batang, cabang bonsai bahkan daun daun yang berdebu agar bonsai memiliki aksen yang bersih dan terawat.


Tas Peralatan Bonsai

Tempat peralatan bonsai perlu dimiliki karena bermanfaat untuk menyimpan alat bonsai dengan mudah, sehingga ketika akan digunakan kembali semua alat tidak tercecer entah kemana. Selain tas biasanya anda dapat membuat sendiri menggunakan box baik menggunakan papan atau bahan lain yang sesuai. 

bonsai bag picture

Demikian peralatan yang wajib dimiliki oleh calon pebonsai sebelum melakukan pembentukan dan pembuatan bonsai agar terkesan profesional dan tidak asal-asalan. Bahkan kita dapat dikategorikan banyak orang sebagai bonsai maker yang baik. Salam MarcasFlower.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya