Berbagai Cara Membuat Bonsai Serut

gambar Bonsai serut
Add caption

Bonsai Serut , Proses sebuah pohon yang di bentuk menjadi sebuah bonsai dilakukan melalui perjalanan yang sangat panjang. Benar kata pepatah mengatakan bahwa Proses tidak pernah mengkhianati hasil. Banyak para pecinta bonsai masih mempercayakan koleksi bonsainya pada tanaman yang satu ini, Ya...! Nama Ilmiahnya Streblus Asper Yang lebih dikenal di Indonesia sebagai Tanaman yang disebut serut.

Cara Membuat Bonsai Serut

Pembuatan bonsai serut dibuat berawal dari pemilihan bahan bonsai, pembentukan akar, Batang, Cabang, dan Daun. Setelah itu bonsai harus dilakukan maintenance (pemeliharaan) bonsai serut. banyak hal yang harus diperhatikan agar pertumbuhan bonsai serut tidak terganggu demi terbentuknya Bonsai Serut yang indah dan terkesan natural. Inti yang harus diperhatikan adalah buatlah Bonsai serut untuk terlihat seperti aslinya tanpa adanya titik yang terkesan buatan manusia.

Tips Menanam Bakalan Bonsai Serut

Dalam menanam bahan bonsai serut yang harus diperhatikan pertama kali adalah darimana anda mendapatkan bakalan atau tanaman baru tersebut. ada beberapa cara mendapatkan bakalan bonsai.

  1. Melakukan perburuan dari alam liar baik, biasanya dilakukan pendongkelan bonggol bonsai dari gunung atau hutan.
  2. Melakukan pencangkokan batang serut, hal ini dilakukan dengan memindah hasil cangkokan kedalam polybag atau pot untuk selanjutnya dilakukan pembentukan bonsai pohon serut.
Dalam melakukan pemindahan bakalan bonsai harus dilakukan secara hati-hati usahakan memiliki jangka waktu dari mulai pendongkelan sampai penanaman ke tempat baru dilakukan secara langsung dengan memperhatikan kondisi pohon dan media tanah. Baca Serut (Streblus Asper)


Tutorial Merawat Bonsai Serut

perawatan tanaman serut dilakukan untuk menjadikan bonsai 100% terbentuk sempurna maka dari itu dalam pemilihan bakalan usahakan mendapatkan bonggol yang memiliki karakter jelas. Hal ini dilakukan agar hasil yang diingikan memuaskan semua orang yang memandangnya. Dalam merawat bonsai serut lakukan hal sebagai berikut:

  • Tempatkan bonsai serut ditempat yang terkena sinar matahari, karena tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk merangsang pertumbuhan.
  • Penyiraman dilakukan setiap hari disesuakan dengan melihat kondisi tanah dan kebutuhan tanaman. Setiap tempat tidak sama jadi anda sendiri yang mengetahui kapan pohon harus disiram dan tidak.
  • Lakukan pemupukan dua minggu sekali pada saat proses pertumbuhan usahakan pemupukan dilakukan menggunakan pupuk organik. 
  • Pemangkasan dilakukan apabila pertumbuhan Akar, Batang, Cabang dan daun tidak tumbuh seimbang.
  • Gunakan perasaan dan hati yang tulus, mengapa bonsai merupakan makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang dari perawatnya.

Aturan Pemupukan Bonsai Serut

Memberikan tambahan nutrisi pada bonsai serut dilakukan dengan cara pemupukan. proses pemupukan dilakukan pada saat penanaman dengan cara memberikan campuran pupuk kandang bersama dengan tanah sebagai media tanam. Selanjutnya pupuk organik cair atau kimia dapat dilakukan dalam proses pertumbuhan dan pebentukan. Yang terakhir pemupukan dilakukan dalam proses perawatan setelah bonsai benar-benar jadi.

Jenis Penyakit Dan Hama Bonsai Serut

Parasit bonsai serut datang dan pergi biasnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pergantian musim, lingkungan, bahkan kesalahan perawatanpun dapat memunculkan dan mendatangkan penyakit dan hama baru. Jamur dan bakteri biasanya dapat datang dan menyerang akar batang dan daun.

Demikian dari kami pandangan mengenai pembuatan bonsai serut. Semoga dapat membantu dan memunculkan ide-ide cemerlang anda sebagai bonsai maker. Teimakasih atas kunjunganya salam MarcasFlower
Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya