Keindahan Membuat Bonsai Asam Jawa Dari Semai Biji

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa

Bonsai Asem Jawa - Tanaman yang satu ini dengan nama latin tamarindus indica merupakan tanaman yang memiliki keunikan dan karakteristik yang khas terutama struktur kulit batang yang memiliki kesan tua dan angker, kalau dikaitkan dengan mitos yang ada disekitar kita yang menganggap pohon asam jawa sering disebut sebagai pohon yang apabila ditanam dilingkungan atau dipekarangan rumah biasanya akan ditunggu dan disenangi oleh para hantu.

Tetapi pandangan yang menakutkan itu sekarang sudah berubah bukan lagi sesuatu yang seram tetapi malah justru pohon asam jawa banyak dicari orang untuk dirawat dan dibentuk menjadi bonsai dikarenakan harga untuk satu bonsai asem jawa yang sudah jadi memiliki harga yang cukup fantastis. So bukanya hantunya yang nunggu tetapi justru manusia yang nunggu dan merawatnya. Hehehe berarti siapa ya hantunya? Semai Biji asem jawa sebenarnya sangat mudah dan efektif dilakukan asal kita mengatahu bagaimana menangani biji asem jawa supaya dapat tumbuh lebih mudah dan prosesnya cepat.

 Membuat Bonsai Asem Jawa Dari Semai Biji

Pohon Asem Jawa yang indah, bisa terjadi apabila tanaman ini dilakukan penanaman dan perawatan yang sesuai dengan proses pengkerdilanya atau pembentukan menjadi bonsai Asam Jawa yang berkualitas. Selain itu proses menghasilkan Bonsai Tamarind ini akan sempurna dan memiliki keistimewaan apabila tanaman ini dibuat dan dirawat dari proses penanaman biji bukan lagi melalui Cangkok Batang. Mengapa bisa demikian? Karena Bonsai Asam akan memiliki kesan yang sempurna apabila pohon ini ditanam langsung dari biji.

Proses penanaman Tanaman Asem dari biji terbaru 2018 

Memerlukan waktu yang sangat panjang bahkan bonsai akan terlihat indah apabila bonsai ini memiliki batang yang besar dan memiliki keserasian antara Akar Pohon Asam Jawa, Batang Asam Jawa, Ranting Asam Jawa, Dan daun Asam Jawa ini Sesuai dengan aturan dan ukuran normal bonsai. Permasalahan yang Terkadang menyulitkan para pebonsai jenis Pohon Tamarind Ini yaitu sebagai berikut:
  1. Pohon Asam Jawa memerlukan waktu yang lama untuk proses pembesaran batang
  2. Bonsai Tamarindus Indisca Memiliki struktur akar yang sensitif sehingga memerlukan perlakuan dan tekhnik khusus untuk pembentukan dan pemangkasan akar.
  3. Bonsai Asam memiliki Serat kulit batang yang indah akan terbentuk bila diameter batang pohon sudah besar.
  4. Bonsai Tamarind memiliki karakter daun yang bercabang untuk pruning dan pengaturan ranting memerlukan trik khusus.

Pembentukan Biji Asem Cangkok
Terkadang bagi penikmat dan penghobi bonsai walaupun memiliki batang yang besar tetapi tidak dapat membentuk kesan original atau orisinil. Jadi bagaimana menurut anda? Apakan anda merasa penasaran dan tertantang untuk merawat atau memilikinya.

Demikian kami jelaskan sedikit paradigma tentang Bonsai Asam Jawa Yang Baik, untuk referensi akan kami tunjukan dan tampilkan beberapa gambar mengenai proses Asam dari biji hingga menjadi bonsai dari galeri kami.


Proses membuat Bonsai Asam Jawa Tahun 2018

1. Biji Asam Jawa 

Bentuk Biji Asam yang dapat ditanam harus berasal dari buah Asam Jawa yang sudah tua yang diambil dari dalam buah asam yang bila dimakan akan membuat seluruh tubuh anda merasakan rasa ngilu. Apabila Anda tidak percaya boleh dicoba!

Cara Menanam Biji Asem Jawa



2. Pohon Bibit Asam Jawa

Perawatan pohon asam jawa yang masih kecil atau anakan memerlukan tekhnik tertentu karena pohoh asam kecil cenderung akan memiliki panjang batang yang tidak serasi dengan besar batang pohon tamarind. Sehingga harus selalu melakukan pengawasan proses ini agar ketika batang sudah besar bonsai yang anda buat terlihat serasi.

Bakalan bibit asem jawa



3. Pemotongan Akar Tunjang Pohon Asam Jawa

Pemotongan Akar pokok atau akar tunjang pada pohon asam harus dilakukan ketika Asam Jawa sudah berumur sekitar 2-4 bulan agar akar yang lain memiliki diameter yang sama. Dalam prosesnya lakukan secara hati-hati agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Pengawatan Dan pemilihan Batang Asem Jawa 

Pemilihan batang awal Sangat menentukan hasil akhirnya, dalah hal ini diusahakan cabang bawah bonsai asam jawa diusahakan sama. Pengawatan sejak dini akan membuat arah batang bonsai lebih teratur. Penyopotan kawat dan pemasangan kawat kembali pada batang bonsai harus dilakukan secara berkala dan  pertahankan posisi cabang setelah mendapatkan gaya yang sesuai. Ukuran kawat disesuaikan dengan diameter batang, hal ini dilakukan agar batang tidak mengalami kerusakan.

Kawat Bonsai Asem

5. Repoting atau pemindahan pohon tamarind ke-pot yang sesuai
Pemindahan dan pemilihan bentuk pot sangat mempengaruhi kesan indah karena setiap model dan bentuk pot harus disesuaikan dengan besar dan model bonsai asem jawa yang anda miliki.

6. Perawatan Dan Pengawasan Bonsai Asem
Setelah bonsai terbentuk  dengan paten maka perawatan dan perawatan harus dilakukan secara rutin termasuk penyiraman, proses pruning dan pemupukan. Proses adaptasi dan perubahan tanaman secara tiba-tiba harus segera didiagnosa dan dicarikan solusinya.

Proses Penanaman Asem jawa (Tamarindus Indica) dari bakal biji diatas merupakan proses yang dilakukan sesuai pengalaman dan pengetahuan kami. apabila ada pemahan yang lain kami berikan kolom untuk berkolaborasi dan bertukar fikiran. Mari saling berbagi untuk membawa manfaat di MarcasFlower. Salam Satu Hati.

Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Terbaru